Sabtu, 08 Oktober 2016

Resep Es Dawet Cendol, Kuliner Tradisional yang Makin Diminati

KulinerKeluarga.com - Resep Es Dawet Cendol. Cara Membuat Es Dawet Cendol Gula Jawa. Bahan Untuk Membuat Es Dawet Cendol. Bahan Es Dawet Cendol. Resep Es Dawet Nangka Gula Jawa.

Hai sahabat kuliner,. Ada yang lagi haus? Butuh minuman yang seger, nikmat, dan tentunya bakal ngobatin dahaga kalian? Gimana kalau kita coba es dawet? Emm es dawet? Iyaa es dawet hee

Bicara soal es dawet atau es cendol tentunya sudah sangat akrab ditelinga kalian bukan? Yap kuliner tradisional yang satu ini memang sudah sangat terkenal di seantero Indonesia. Tak hanya di desa - desa namun es condul pun kini sudah sangat mudah dijumpai di kota - kota besar. Bahkan tak sedikit yang mulai menjadikan es cendol sebagai ladang pendulang rupiah dari kreasi bisnis yang beragam.

Seiring dengan perkembangan jaman pula, es dawet kini tak hanya hadir dalam satu varian rasa saja yakni es dawet original. Namun kini es dawet telah banyak dikembangkan dan dikreasikan dengan beragam varian rasa. Seperti misalnya es dawet coklat, es dawet vanilla, es dawet stowberry, dan berbagai varian rasa lainnya.

Nah bagi kalian nih yang pengen banget minum es dawet dan lagi gak pengen jajan alias pengen nyoba bikin sendiri di rumah,  kita punya hlo resepnya. Ribet gak ya? Tenang gak bakal ribet kok, resep es dawet cendol ala kuliner keluarga yang satu ini dijamin gak bakal bikin kalian cape. Soalnya mudah dan praktis banget buatnya, gak cuma itu bahan untuk es dawet cendolnya pun pastinya bakal gampang banget kalian dapetin di pasaran. Gak percaya? Yuk langsung saja simak resep es dawet cendolnya berikut ini, check it out!
Resep Es Dawet
Resep Es Dawet

Resep Es Dawet

Bahan untuk Membuat Es Dawet

  • 600 grm cendol atau dawet siap santap
  • 2.500 mililiter santan kental dari 2,5 kelapa (jangan terlalu tua)
  • 5 lembar daun pandan wangi
  • 1 sendok teh garam dapur halus
  • 5 butir buah nangka, potong kecil korek api
  • 500 grm gula merah, sisir halus
  • 200 mililiter air
  • Es batu serut secukupnya

Cara Membuat Es Dawet

Seperti biasa, sebelum memulai untuk membuat menu ini silahkan kalian siapkan dulu bahan – bahan untuk membuat es dawet cendol seperti yang sudah ditulis di atas. Kalau semua udah siap, yuk langsung cuss dibikin.

Langkah pertama, silahkan terlebih dahulu buat kuah santan. Caranya rebus santan kelapa bersama dengan tiga lembar daun pandan dan garam. Masak dengan api sedang dan usahakan untuk terus aduk santan selama di masak biar santan gak pecah dan tentunya rasanya ajib. Kalau sudah mendidih, angkat dan dinginkan.

Setelah santan sudah siap, selanjutnya mari kita buat sirup gulanya. Caranya rebus sisiran gula merah dengan air 200 mililiter. Tambahkan dua lembar daun pandan wangi yang telah lebih dulu dimemarkan, jangan lupa tambahkan juga sisiran buah nangka biar rasanya makin mantap. Masak hingga gula benar-benar larut dan sedikit mengental. Jika sudah, silahkan angkat dan dinginkan, sirup gula sudah jadi.

Nah sekarang tinggal menyajikan es cendolnya. Masukkan cendol ke dalam wadah besar bisa bascom atau yang lainnya. Tuangkan santan kelapa dan juga sirup gula merah yang sebelumnya telah dibuat dan didinginkan. Aduk perlahan agar semuanya tercampur merata. Setalah itu tinggal tambahkan serutan es batu biar makin seger. Es dawet cendol ala Kuliner Keluarga pun siap dihidangkan dan disantap.

Yap itu tadi resep es dawet cendol ala Kuliner Keluarga. Bagaimana menurut kalian? Sangat mudah dan praktis bukan? Pokoknya pasti kalian bisa deh nyoba resep ini di rumah dan menyantapnya rame-rame bareng keluarga atau kerabat tersayang. Nah biar makin asik, mungkin kalian bisa juga memadukannya dengan cemilan-cemilan lezat yang resepnya sudah kami siapkan. Seperti misalnya resep kue donat kentang dan juga resep kroket kentang isi ayam.

Well sahabat kuliner semuanya, selamat mencoba resep es dawet cendol spesial ini di rumah ya. Jangan ragu buat share resepnya ya, biar temen-temen yang lain juga bisa nyobain lezat dan nikmatnya es cendol ala Kuliner Keluarga ini. hhe Terimakasih!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Es Dawet Cendol, Kuliner Tradisional yang Makin Diminati

0 komentar:

Poskan Komentar