Minggu, 07 Juni 2015

5 Makanan Khas Jogja yang Wajib Anda Coba Ketika Berkunjung

KulinerKeluarga.com – Jalan – jalan ke kota Yogyakarta, rasanya belum lengkap jika belum mencicipi kuliner khas kota berjuluk Kota Pelajar ini. Yap, Yogyakarta atau yang lebih akrab dengan sapaan kota Jogja, selain terkenal dengan kekentalan budaya serta wisata alamnya yang indah ternyata juga menyimpan berbagai kuliner lezat yang menggugah selera.

Nah bagi Anda yang tengah berada di kota istimewa ini, rasanya Anda harus mengagendakan untuk sejenak berwisata kuliner dan mencicipi citarasa kelezatan masakan khas Jogja. Apa saja sebenarnya makanan khas kota Jogja? Berikut kami telah merangkumnya khusus untuk Anda.

5 Makanan Khas Jogja

  • Gudeg

Gudeg atau gudheg (dalam bahasa Jawa) merupakan salah satu ikon kuliner khas kota Yogyakarta. Tak ayal kota yang masih mempertahankan sistem kerajaan ini juga dikenal dengan nama Kota Gudeg. Gudeg sendiri merupakan kuliner yang dibuat dari daging buah nangka muda yang diolah dengan bumbu rempah khusus dan dipadukan dengan santan kelapa kental. 

Gudeg Khas Jogja
Gudeg Khas Jogja
Soal rasanya, tentu tak perlu ditanyakan. Rasa gurih dari santan kelapa berpadu sempurna dengan cita rasa unik bumbu rempah khas Jogja dan manis gula jawa murni. Kuliner ini akan terasa semakin nikmat ketika dihidangkan bersama dengan nasi hangat dan sambel goreng krecek pedas serta ceker ayam yang dimasak dengan teknik bacem.

Bagi Anda yang tertarik dengan makanan khas Jogja yang satu ini, Anda tak perlu bingung harus mencarinya dimana. Pasalnya Anda bisa dengan mudah menemukan gudeg di hampir seluruh wilayah Yogyakarta. 
  • Sate Klatak

Selain menawarkan sensasi kelezatan yang menggugah selera, Yogyakarta ternyata juga memiliki beragam kuliner unik yang perlu dicoba. Salah satunya adalah sate klatak. Berbeda dengan sate pada umumnya yang ditusuk dengan lidi atau potongan bambu, sate khas Jogja ini justru menggunakan jeruji sepeda sebagai alat penusuknya.

Sate Klatak Khas Jogja
Sate Klatak Khas Jogja
Asal mula nama sate klatak ini kabarnya berasal dari bunyi gemeletak yang ditimbulkan saat proses pembakaran. Mengenai rasanya, varian sate yang unik ini menawarkan tekstur yang empuk dengan kematangan sempurna. Pasalnya panas yang menjalar dari jeruji besi akan menyebabkan daging tak hanya dibakar dari luar, namun juga dari dalam melalui panas yang menjalar pada jeruji besi tersebut.

Bagaimana, Anda penasaran dengan rasa sate klatak khas jogja ini? Nah bagi Anda yang penasaran dan tertarik untuk mencobanya, Anda bisa berkunjung ke wilayah imogiri, Yogyakarta. Di wilayah ini Anda akan disambut dengan deretan penjual sate klatak yang menawarkan kelezatan yang menggoda.
  • Oseng – oseng Mercon

Kuliner khas Yogyakarta yang ketiga ini khusus bagi Anda penggila masakan super pedas. Yap sesuai dengan namanya, oseng – oseng mercon siap membakar lidah Anda dengan sensasi pedas yang luar biasa. Kuliner dengan bahan utama tetelan dan kulit sapi yang dimasak dengan bumbu oseng spesial dan irisan cabai rawit yang super banyak ini, siap membuat “dower” siapa saja yang mencicipinya.

Oseng - Oseng Mercon Khas Jogja
Oseng - Oseng Mercon Khas Jogja
Rasa pedas yang luar biasa ini lah yang jutru membuat oseng – oseng mercon banyak dicari di kota Yogyakarta. Nah jika Anda tengah berkunjung di kota Jogja dan ingin merasakan sensasi pedasnya, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di tempat makan kaki lima yang banyak berjejeran di trotoar jalan ketika malam hari. Anda siap merasakan sensasi pedasnya?
  • Bakmi Jawa

Beberapa orang mungkin mengenal bakmi jawa sebagai makanan khas Gunung Kidul. Ya hal itu memang benar adanya, bakmi jawa memang merupakan kuliner yang konon berasal dari daerah gunung kidul, sebuah kabupaten di bagian selatan kota Yogyakarta. 

Bakmi Jawa Khas Jogja
Bakmi Jawa Khas Jogja
 Bakmi jawa adalah salah satu varian kuliner berbahan dasar mie yang biasa disajikan dalam dua macam, yakni goreng dan godhog. Berbeda dengan kuliner olahan mie pada umumnya, bakmi jawa khas Gunung Kidul, Yogyakarta ini diolah dengan resep khusus yang dilestarikan secara turun temurun. Bakmi jawa biasanya dibuat dari mie basah kuning yang dimasak bersama dengan suiran ayam kampung dan telur bebek yang ditambah dengan beraneka jenis sayur segar. Bagi yang suka pedas, bakmi jawa bisa ditambah dengan potongan cabei rawit hijau.

Meski berasal dari wilayah Gunung Kidul, bakmi jawa khas Jogja ini bisa dengan mudah Anda temui di hampir seluruh wilayah Yogyakarta, khususnya ketika malam hari. Akan ada banyak pedagang kaki lima yang menjajakan kuliner lezat ini di pinggir – pinggir jalan dan pusat kuliner kota.
  • Bakpia Pathok

Untuk kuliner khas Jogja yang kelima ini, tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan? Yap bakpia pathok memang sudah sangat terkenal dan merupakan oleh – oleh khas ketika Anda berkunjung ke kota Jogja. Bakpia pathok memiliki sensasi rasa yang berbeda dengan jenis bakpia lain pada umumnya. Rasanya yang manis dengan teksturnya yang lembut terasa sangat istimewa di mulut. Apalagi saat ini telah tersedia beraneka macam rasa bakpia pathok yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Bakpia Pathok Khas Jogja
Bakpia Pathok Khas Jogja
Nah untuk mendapatkan kuliner khas Jogja yang satu ini, Anda bisa mendatangi pusat oleh – oleh khas Jogja yang sudah tersebar di hampir seluruh wilayah Yogyakarta atau mendatangi otlet – otlet penjualan khusus bakpia pathok. 
Yap, itu tadi 5 makanan khas Jogja yang wajib Anda coba ketika Anda berkunjung ke kota istimewa ini. Selamat mencoba dan selamat berwisata kuliner di kota Yogyakarta.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Makanan Khas Jogja yang Wajib Anda Coba Ketika Berkunjung

0 komentar:

Poskan Komentar