Senin, 18 Juli 2016

Resep Sayur Lombok Ijo, Kuliner Khas Pedesaan Jawa yang Bikin Ketagihan

Kulinerkeluarga.com, Resep Sayur / Jangan Lombok Ijo Khas Pedesaan – Bagi sahabat kuliner yang berasal dari pedesaan khususnya daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta, tentunya sudah sangat akrab dengan yang namanya Sayur / Jangan Lombok Ijo. Jangan lombok sendiri merupakan jenis kuliner berkuah santan khas daerah pedesaan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sayur Lombok Ijo khas pedesaan ini umumnya berisi irisan tempe kedelai dan irisan cabai kriting hijau yang dipadukan dengan bumbu – bumbu tradisional serta dimasak dengan santan kelapa kental. Gurihnya santan kelapa dan citarasa khas dari bumbu tradisional yang berpadu sempurna membuat kuliner Ndeso ini memiliki rasa yang sangat lezat dan tentunya akan membuat siapa saja ketagihan.

Sedikit berbeda dengan kuliner berkuah santan lainnya, Sayur Lombok Ijo biasanya di olah dengan irisan cabai kriting hijau yang cukup banyak. Namun uniknya, meski banyak cabai yang digunakan rasa pedas yang dihadirkan dari kuliner ini tidak begitu terasa sehingga tidak akan membuat sahabat kuliner bermasalah dengan perut. Hhe.. 

Resep Lezat Lainnya:

Nah bagi sahabat kuliner yang penasaran dengan kelezatan jangan lombok ijo khas pedesaan ini, bolehlah sekali – kali mampir ke wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kuliner yang satu ini umumnya masih banyak dijajakan di warung – warung tradisional yang banyak buka di pinggir jalan. Namun bagi sahabat kuliner yang belum sempat meluangkan waktu untuk berburu kuliner lezat ini namun sudah terlanjur ngiler dan penasaran dengan kenikmatannya, tenang! Sahabat kuliner bisa kok mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat Sayur / Jangan Lombok Ijo khas pedesaan ini sungguh sangat mudah, yang jelas kalian bisa deh membuatnya sendiri. 
 
Resep Sayur Lombok Ijo Khas Pedesaan
Resep Sayur Lombok Ijo Via Soloraya.com
 

Lantas apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Tenang, karena pada kesempatan kali ini kami telah menyiapkan resep sayur jangan lombok ijo khas pedesaan yang tentunya sangat mudah untuk kalian coba di rumah. Yuk langsung saja simak tips Resep Sayur Lombok Ijo khas pedesaan berikut ini.

Resep Sayur Lombok Ijo Khas Pedesaan

Bahan Sayur Lombok Ijo Khas Pedesaan

  • 200 gram cabai hijau besar, Iris - iris
  • 1/2 papan tempe kedelai mentah, Iris dadu
  • 1/4 ikat kacang panjang segar, potong 2-3 cm
  • 1 papan petai, potong tipis, sebagai optional

Bumbu Sayur Lombok Ijo Khas Pedesaan

  • 3 cabai merah besar, iris - iris
  • 5 buah cabai rawit merah, iris - iris
  • 8 butir bawang merah, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 sendok teh ebi
  • 1 liter santan kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm laos, memarkan
  • Garam, gula jawa, dan penyedap rasa secukupnya
  • Minyak untuk menumis, secukupnya

Cara Membuat Sayur Lombok Ijo Khas Pedesaan

  1. Panaskan minyak pada wajan dengan api sedang. Setelah panas, tumis bumbu yang diiris yakni cabai merah, cabai rawit merah, bawang putih, dan bawang merah. Tumis sampai harum. Kemudian tambahkan ebi, daun salam, dan laos yang telah dimemarkan. Tumis lagi sampai harum.
  2. Tambahkan petai bila Anda menghendaki tambahan petai sebagai opsional.
  3. Masukkan cabai hijau, tempe kedelai, dan kacang panjang. Aduk hingga merata dan tak perlu lama - lama. Setelah itu masukkan santan kelapa. Terus aduk agar santan tercampur dengan bumbu dan tidak pecah. 
  4. Tambahkan gula jawa, garam, dan penyedap rasa. Aduk kembali agar semua bumbu dan bahan tercampur merata. Masak hingga semuanya matang. Angkat dan sajikan. 
  5. Anda bisa menambahkan bawang goreng saat penyajian untuk rasa yang lebih nikmat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Sayur Lombok Ijo, Kuliner Khas Pedesaan Jawa yang Bikin Ketagihan

0 komentar:

Posting Komentar