Sabtu, 01 Oktober 2016

Resep Soto Betawi Asli Praktis dan Mudah

Kulinerkeluarga.com - Resep Soto Betawi. Resep Soto Ayam Betawi. Cara Membuat Soto Ayam Betawi yang Mudah Praktis. Bahan Soto Betawi dan Bumbu-Bumbu Soto Betawi.

Hai Sahabat Kuliner.. Kalian pasti tau dong dengan soto betawi? Kuliner yang satu ini memang sudah sangat terkenal di seantero nusantara. Bahkan makanan berkuah ini tak jarang menjadi menu favorit bagi sebagian orang untuk sarapan atau pun makan siang. Seperti saya nih.. hehehe..
Dulu sewaktu masih kuliah di kota Yogyakarta, saya sering banget nih jajan soto betawi di kampus. Tahu gak kenapa? Yaaa.. memang rasa soto betawi ini sangat lezat, unik, dan memiliki cita rasa yang sangat khas.. pokoknya beda banget sama kuliner soto lainnya. Selain itu sih, harga soto betawi di kampus dulu cukup murah, jadi pas banget deh buat kantong mahasiswa.. Udah rasanya enak, bikin kenyang, murah meriah lagi, kurang apa lagi coba? :D Pokoknya mantep banget deh... [Baca Juga: Resep Soto Ayam Surabaya]

Perpaduan daging sapi dengan aneka sayuran ditambah dengan kuah santan yang gurih, memang menawarkan cita rasa tersendiri. Yang membuatnya terasa begitu lezat di lidah.. Apalagi disajikan selagi panas dengan tambahan sedikit perasan jeruk nipis, sambal, dan kecap manis.. Emmm terasa yummy banget deh pokoknya.

Nah dibalik rasanya yang memang menggoda dan menggugah selera ini, tahu gak ternyata cara untuk membuat soto betawi ini cukup mudah hlo. Bahan - bahan yang dibuthkanpun ternyata juga sangat mudah di dapat, dan tentunya gak perlu jauh-jauh ke betawi buat dapetin bumbu dan bahnnya. hhee.. Pasalnya di pasar-pasar tradisional pun banyak menjual bahan dan bumbu untuk membuat soto betawi ini. Lantas apa saja sih yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuat soto betawi? yuk langsung saja cuss.. simak resep soto betawi ala kulinerkeluarga.com yang mudah dan praktis berikut ini.

Resep Soto Betawi Asli Praktis dan Mudah

Bahan untuk Membuat Soto Betawi

  • 1 kilogrm daging sapi
  • 200 mililiter santan kental dari 1 butir kelapa
  • 1.5 liter air
  • garam, kaldu bubuk sapi dan minyak goreng secukupnya
Bahan pelengkap :
  • 5 butir kentang berukuran sedang
  • 3 buah jeruk limau untuk perasan
  • bawang goreng secukupnya
  • 5 buah tomat,ukuran kecil, iris - iris
  • 3 batang daun bawang, iris-iris
  • 2 batang daun selederi, iris-iris
  • emping secukupnya

Bumbu Soto Betawi 

Dihaluskan
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1 sendok teh lada bubuk
  • 15 siung bawang putih
  • 4 cm jahe
  • 2 cm kencur +kunyit
  • 1/2 sendok teh jintan
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 3 lembar daun salam
Bumbu Tambahan :
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 butir kapulaga
  • 1 batang serai
  • 4 butir cengkeh
  • 1 bunga pekak
  • 4 cm laos
  • 3 cm kayu manis
Pelengkap:
  • Sambal + kecap manis

Cara Membuat Soto Betawi

Rebus terlebih dahulu daging yang telah dicuci dan dipotong dadu dengan 1.5 liter air hingga empuk. Sambil menunggu daging empuk, kalian bia menyiapkan bumbu halusnya. Haluskan bumbu halus, tumis harum dan masukkan bumbu tambahan.

Selanjutnya masukkan bumbu yang telah kalian tumis tadi ke dalam panci berisi daging yang telah direbus hingga empuk. Lalu tambahkan santan, garam, dan kaldu. Selama memasak usahakan untuk terus di aduk agar santan tidak pecah, masak hingga mendidih.

Setelah mendidih masukkan irisan daun bawang dan daun selederi. Kemudian cicipilah sedikit, udah pas atau belum bumbunya, hhee..  Kalau sudah terasa mantap, matikan kompor.

Selanjutnya, siapkan kentang goreng untuk pelengkapnya. Iris tipis kentang kemudian cuci bersih lalu goreng dengan menggunakan minyak panas secukupnya. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

Setelah itu waktunya untuk menyajikan soto betawi buatan kalian. Siapkan mangkuk atau piring, kemudian tuangkan soto betawi yang sudah kalian buat. Tambahkan di atasnya telur rebus yang sudah dibelah, emping, kentang goreng, irisan tomat, dan taburi dengan irisan daun selederi dan juga bawang goreng tentunya. Ohh iyaa jangan lupa tambahkan sedikit perasan jeruk nipis agar rasanya lebih nikmat.

Jangan lupa juga sambal dan kecapnya, kasih sesuai selera kaliannnya. Nah biar makin lezat, santap tuh soto bikinan kalian sendiri selagi hangat, makan bersama keluarga dan kerabat tentu akan semakin asik..

Nah demikian tadi resep soto betawi ala kuliner keluarga yang tentunya sangat sayang kalau gak kalian coba di rumah hhee.. Selamat mencoba semoga resepnya bermanfaat. Kalian juga bisa berkreasi dengan kuliner berkuah lainnya dengan menu ala kuliner keluarga yang telah kami siapkan. Seperti diantaranya Resep Sayur Lombok Ijo Khas Wonogiri dan Resep Bakmi Jawa Godhog Khas Gunung Kidul-Yogyakarta.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Soto Betawi Asli Praktis dan Mudah

0 komentar:

Posting Komentar